So ya hallo
Well, sebenernya tripnya udh lama, 16-23 Januari 2017.... cuma baru sempet nulis skrg wkwkw maafkan kemageranku😂
Trip kali ini, gw berdua sama travelmate gw, sarah . Disini gw mau jabarin "ngebolang" gw menyusuri indochina *btw indochina itu nama lain dari negara di asia tenggara ya, jgn salah . ntr lo ngiranya gw ke china lg wkwkw* selama seminggu ke 3 negara dan 5 kota dengan pengeluaran 5,9jt ALL IN .
5,9? Serius?
Iya 5,9jt termasuk tiket pesawat (berangkat LCC pulang fullservice) + hotel . Masa gw bohong, orang pas gw trip posisi masih jd anak kost, budgetnya ya budget anak kost lah .

Sebelumnya, seperti biasa. HAL YANG HARUS LO PERSIAPKAN sebelum pergi :
  1. PASPORT . ofkorz u need dis book. berhubung semua negara ASEAN bebas visa, jd lo gausah cape-cape ngurus visa dulu
  2. Kondisi tubuh lo harus BENER-BENER FIT . Ini trip rush banget, RUSH parah . Jalan non stop. Pegelnya luar biasa. Balik dr trip ini gw ngedrop 2 hari wkwkw
  3. Tiket Pesawat PP (kali ini gw pake Air Asia dan Malaysia Airlines)
  4. Penginepan . Penginepan selalu gw pesen di Indonesia, karena gw tipe orang yang HANYA mengandalkan WIFI. GA PERNAH BELI PAKETAN kalau ke LUAR NEGRI,
  5. Dompet lo dalam keadaan baik2 saja dan sehat walafiat.
  6. Botol minum. terwajib dibawa .

So ya, here we go ....

Day 1 :
dengan modal nuker 800rb (85 SGD) flight dari Jakarta-Singapura by Jetstar. sampai singapura jam 3/set4an sedikit dan gw kebingungan nyari STP (gw ga pernah beli STP btw) dan akhirnya topup ez link😂 (yg gapaham STP sm ezlink itu apa, cek post gw How to Enjoy Singapore) naik MRT turun di lavender karena hotel daerah lavender . Sampai di stasiun lavender, baru nemu yg jual STP *faakkk😑 dan akhirnya beli STP buat 1 day (jangan ditiruu!!) dengan harga 20SGD . 10 SGDnya deposit bisa diambil lg .
Abis beli STP gw langsung checkin hotel, nama hotelnya V-Hotel , sangat recommended karena persis dibelakang MRT (keluar stasiun jalan dikit langsung hotelnya), makanan jg dimana2 (termasuk MCD wkkwkw😬). Ke bugis jalan kaki juga bisa (tp gw ke bugis naik MRT, beda 1 stasiun doang padahal😂kaki pegel😂lagian kan punya STP, jd ya suka2 gw mau naik turun MRT brp kali wkwk) dan betapa beruntungnya gw dapat kamar di lantai 15 *yippii* . Buka jendela viewnya singapore ☺️
View singapore dari kamar gw 💁

Habis checkin langsung naik MRT ke bugis, cari makan . Gw makan nasi ayam hainan 4SGDan dan ofkors, gahabis saking banyak porsinya😂😂 .
Habis makan di bugis, lanjut ke merlion park (turun di stasiun Raffles Place, terus keluar di exit B, nyebrang ada singapore river, belok kanan ikutin petunjuk) karena udah petang (merlion menurut gw paling bagus dilihat petang, pergantian dr langit cerah ke gelap) . Foto2, nunggu marina light show . Lanjut ke garden by the bay, tinggal jalan kaki (lewat helix bridge ke arah Art Science Museum, ikutin jalan aja) dan liat pertujukan lagi (jam 9 maleman) :) beres itu, balik ke hotel lewat stasiun Bayfront dan makan MCD .

Day 2 :
Checkout, nitip koper di hotel . Naik MRT lg ke little india cari makan + cari spot foto *yailah*. Beres dr little india, naik MRT ke bayfront, ke garden by the bay lg karena mau ke OCBC skywalk . Tiket harganya 8SGD . Puas foto2, naik MRT lg ke orchard cuma buat beli eskrimnya biar afdol 😂😂 balik ke hotel, ambil koper, balikin STP, pake ezlink ke bugis . Dari bugis naik bus lanjut ke johor bahru, Malaysia . Nama busnya causeway link. exit bugis, lo nyebrang aja terus belok kanan ntar keliatan kok banyak bus2 keluar, ya itu terminalnya . Harga tiketnya 3,3 SGD (+-20 rban dengan kurs pas gw brngkt +-9200) . Perjalanan +-30 menit . Lewatin imigrasi, beres . SGD sisa 35SGD dan langsung ambil ringgit di dompet (gw ringgit cuma nuker 700.000/230 ringgit)

Tiket bus dari Singapore ke Johor Bahru. Btw tiketnya jangan sampe ilang ya

Imigrasi Singapura - Johor Bahru (Malaysia)

Sampe Johor Bahru sore, gajd ke legoland . Niatnya mau naik kereta dr JB sentral tengah malam (buat hemat penginepan), tp salah naik bus dr imigrasi malah bus ke JB larkin😂😂 (kalau mau ke JB sentral naiknya bus ke JB sentral ya, jangan ke larkin. abis dari imigrasi lo bebas kok mau naik bus mana aja, asal tiket bus lo ga ilang) . Makan kwetiaw sama minum total 10 ringgit (kwetiawnya porsi kuli), naik bus ke KL 35 ringgit .
Sampai Terminal Bersepadu Selatan jam 10 maleman, akhirnya mesen hotel di traveloka (Pasific Express, 280rb), dr TBS naik grab ke hotel 15 ringgit .
Hotelnya di daerah central market, keluar hotel belok kanan langsung central market. Belok kiri petalling street dan terminal puduraya . Karena udh cape bgt, tepar .

btw Pacific Express punya skypool, skypoolnya kecil tapi viewnya petronas dari kejauhan

Day 3 :
checkout, nitip koper . Jalan2 di central market, dataran merdeka, petalling street terus jalan ke terminal puduraya beli tiket ke genting harganya 25RM PP+Cable car . Tdnya mau ke colmar, tp jauh dan mahal (60RM untuk PP dan gatau beli tiketnya dimana) akhirnya ke genting aja . Balik dr genting sampai KL sore, jam 6an. Balik hotel ambil bagasi, jalan ke bukit bintang . Nginep di Ansa . Habis checkin, jalan ke KLCC foto di petronas (biar afdol😂✌🏻️), abis itu ke dataran merdeka. Dataran merdeka enak ternyata kalau malem. Beres itu balik hotel, tidur .

Cable Car di Genting Highlands.

Day 4 :
niatnya mau ke batu caves (dr hotel deket ke stasiun) apadaya, kesiangan 😂😂😂 akhirnya jalan2 ke pavillion, habis itu ambil koper naik GOKL ke pasar seni (purple line), ke central market lg beli coklat 😐 naik rapidKL ke stasiun KL sentral . Dari stasiun KL sentral naik aerobus (12 RM) ke KLIA2
Sampai KLIA2 jam 3an, checkin buat penerbangan ke bangkok 😬👋🏻
Sampai bangkok malam, bingung karena pertama kali ke bangkok😂 akhirnya naik taxi ke hotel (Baiyoke Sky Hotel) di pratunam .
Sampai hotel, dapet kamar lantai 48 buka jendela viewnya langsung bangkok . Turun keluar, liat pasar pratunam , cari makan sama beli manggo sticky rice . Habis itu ke observation decknya, istirahat

View from Observation Deck Baiyoke Sky Hotel

Day 5 :
bangun, sarapan, checkout nitip bagasi lg. Jalan kedepan, naik bus ke victory monument (lupa nomor berapa), 6,5bath . Dr victory monument naik shuttle bus ke grand palace (gratis) dan gw lg beruntung, sampai grand palace gratis masuknya untuk tourist 😬✌🏻️puas foto2 ke wat pho jalan kaki, lumayan jauh mana bangkok panas banget😭

Morning view pas breakfast di Baiyoke Sky Hotel

Beres dr wat pho, gw ga ke wat arun, karena lg perbaikan . Langsung ke dermaga, nyebrang naik perahu ntah kemana gw lupa nama daerahnya (susah jir tulisan ulet keket semua), pokoknya pasar harga tiketnya 3,5 Bath . Cari makan, terus beli martabak gt , sushi, strawbery, sama ntah yg ijo2 kayak dari tepung kanji sama rumput laut gt, khilaf makan disini😂✌🏻️ beres makan naik perahu lg 15 bath dan saya lupa lg nama daerahnya (maafkan) turun dr perahu, langsung naik BTS dari stasiun Saphan Taksin ke Siam . Keliling siam paragon dan mall2 sekitarnya, nemu pablo cuma 415 Bath (lebih murah drpda di jakarta😬) . Beres langsung ke asiatique, makan malam . Pulang dr asiatique naik kapal lg (free boat) ke saphan taksin . Btw free boatnya sampe tengah malem lho . Dari saphan taksin naik BTS ke arah siam, dr siam ke saphan taksin lalu naik skytrain airport link ke ratchaprarop . Checkin hotel di Baiyoke Boutique Hotel

Grand Palace

Day 6 :
naik skytrain airport link ke phayathai dr phayathai naik BTS ke Mo Chit . Ofkorz, tujuan ke Chatucak!! Sampai jam set 10an dan khilaf sampe jam 6 sore😂✌🏻️ dr chatucak, cr makan ke mall apa ya gw lupa :/ pokoknya naik taxi 50bath, makan yoshinoya . Beres makan balik hotel karena dah cape (cape khilaf😂 iya gw kebangkok kerjaannya khilaf doang😒)

Day 7 :
checkout, nitip koper terus ke stasiun Mo Chit lg, terus jalan ke terminal Mo Chit. Terminal Mochit searah sama chatuchak, cuma kalau chatuchak lo belok kiri, nah terminalnya belok kanan . Naik van 180 bath ke santorini park . Santorini park ini di Hua Hin, 1,5jam dr Bangkok. Lewat jalan tol gersang-gersang gimana gitu. Naik van ini sampai didepan santorini persis jd tinggal nyebrang, beli tiket dan ternyata jauh dr expetasi gw😂😂😂

Santorini Park di Hua Hin

gw cuma +-2jam di santorini park, pulang ke terminal Mo Chit lg, sampai Mo Chit malem jam 7an, trs jalan2 daerah chatuchak lg (yaallah khilaf lg😭✌🏻️) dan cari makan . Beres makan, naik BTS lg ambil koper lanjut airportlink ke suvarnabhumi . Sampai suvarnabhumi jam 11 malem, dan tidur di bandara karena besok penerbangan pagi (padahal mah hemat duit😂dasar backpacker kere😂). Makan? Beli di sevel .

Day 8 :
bangun, belum mandi cuma sikat gigi cuci muka, checkin di counter Malaysia Airlines . Flight jam 10, transit di kuala lumpur 2 jam. Dan sampai jakarta, jam setengah 6

Pengeluaran :
Nuker duit :
800.000 : 85 SGD sisa 35 SGD
700.000 : 230 ringgit (sisa 5 ringgit, karena gw beli coklat 100ringgit lebih)
1.925.000 : 5000 bath
Total : 3.425.000 (sisa SGD saya tuker ke bath, karena khilaf belanja)
Hotel : 1.000.000/orang untuk 1 minggu (V Hotel Lavender, Ansa Kuala Lumpur, Pasific Express, Baiyoke Sky Hotel, Baiyoke Boutique Hotel. Hotel dipesan jauh2 hari)
Tiket pesawat :
CGK-SG : 350.000 by jetstar
KL-DMK : 300.000 by air asia
SVB-CGK : 800.000 by malaysia airlines
Total : 1.450.000
1.500.000+1.000.000+3.425.000 : 5.925.900

✔️ duit gw masih sisa 400 bath .
✔️ beli oleh2 buat mamak, ayah dan 2 adik gw (7 coklat beli di malaysia, 1 sepatu, 2 tas, 8 Baju, 1 cardigan, 1 cover pasport) dan baju buat gw 2 biji😬✌🏻️
✔️kuliner di 3 negara dan ga pernah kelaperan

Tips :
✔️ Beli Manggo Sticky Rice di Manggo Tango Asiatique, 90 bath SUMPAH ENAK PARAH ALLAHUAKBAR .
✔️ BELANJA DI THAILAND TAWAR AJA YG SADIS . BAWA KALKULATOR KARENA GA SMUA PEDAGANG NGERTI ENGLISH . MAAP CAPS KARENA GW KESEL BGT KENAPA DI THAILAND MURAH2😩😭😭😭
✔️ Kalau makan lo dikit, sharing aja be2 makannya . Karena porsi makan di Singapura + Malaysia porsi2 kuli
✔️ BAWA TOPI. THAILAND PANASNYA ADOOHH
✔️ Kalau mau ambil uang di thailand, sekaligus banyak aja . karena feenya lumayan . 30rban sekali ngambil uang.
✖️ Jangan keseringan ngomong "kha" di thailand karena "pamali"
🤦🏻‍♀ Hati2 kalau mau naik tuktuk di thailand, karena banyak scam .